Syarat & Ketentuan Penggunaan

Selamat datang di www.ukmmarket.co.id (“ukmmarket”), sebelum Anda masuk ke dalam situs www.ukmmarket.co.id, kami merekomendasikan agar Anda membaca serta mempelajari Syarat dan Ketentuan ini dengan baik. Apabila Anda tidak menyetujui salah satu, sebagian atau seluruh klausul dalam Syarat & Ketentuan ini, maka kami tidak memperkenankan Anda untuk menggunakan layanan di situs www.ukmmarket.co.id


Di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut Syarat dan Ketentuan secara rinci:


Pasal 1
Informasi Umum

  1. Ukmmarket.co.id merupakan penyedia layanan jasa online yang didirikan oleh PT. Madani Sisfotel.
  2. Ukmmarket.co.id menyediakan layanan online sebagai media perantara antara penjual dengan pembeli yang terdaftar dalam situs ukmmarket.co.id, untuk selanjutnya disebut Pengguna.
  3. Pengguna ukmmarket.co.id yang tidak terdaftar dalam situs ukmmarket.co.id akan disebut sebagai pengunjung.
  4. Ukmmarket bertujuan untuk mendorong produktivitas industri UKM dalam negeri untuk menjadi lebih berdaya, tangguh, inovatif dan kreatif.
  5. Setiap pengguna dan pengunjung ukmmarket, dianggap telah membaca, memahami, menyetujui serta sepakat untuk mematuhi semua isi dalam syarat & ketentuan ini.
  6. Syarat & ketentuan ini dapat sewaktu-waktu diperbaharui tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  7. Untuk informasi dan pengaduan, silahkan menghubungi lapor@ukmmarket.co.id

Pasal 2
Aturan Penggunaan

  1. Pengguna dengan ini menyatakan sebagai orang yang cakap berdasarkan hukum dan telah berusia minimum 18 tahun.
  2. Layanan ukmmarket.co.id terbuka untuk umum. Namun Pengguna harus melakukan registrasi / membuat akun di ukmmarket.co.id dengan mengisi data pribadi secara lengkap dan benar bila ingin mengakses fitur layanan terntentu, seperti: berjualan, bertransaksi, member forum & media ukmmarket.
  3. Keamanan dan kerahasiaan akun pengguna tersebut merupakan tanggung jawab pribadi pengguna.
  4. Segala bentuk Informasi yang diberikan dalam situs ukmmarket.co.id merupakan tanggung jawab pribadi pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada hal-hal yang berkaitan dengan pelanggaran terhadap hak kekayaan intelektual (baik secara perdata maupun pidana) atas suatu produk yang dapat terjadi dikemudian hari.
  5. Bagi pengguna yang tidak melakukan konfirmasi akun dalam jangka waktu 45 hari, maka administrator ukmmarket berhak membatalkan akun tersebut. Pengguna wajib melakukan registrasi ulang untuk dapat mengakses berbagai layanan yang tersedia di ukmmarket.co.id
  6. Pengguna dilarang menyampaikan informasi yang mengandung unsur yang bersifat SARA, diskriminasi dan/atau menyudutkan pihak lain.
  7. Pengguna dilarang memberikan keterangan palsu yang dapat menyesatkan pihak lain.
  8. Ukmmarket memiliki kewenangan menyesuaikan dan menghapus atau menonaktifkan akun pengguna yang melanggar syarat dan ketentuan ukmmarket.co.id

Pasal 3
Aturan Jual Beli

  1. Segala bentuk transaksi penjualan dan pembelian dalam ukmmarket wajib menggunakan Ukmmarket Payment System sebagai metode pembayaran khusus yang disediakan oleh ukmmarket.co.id
  2. Ukmmarket Payment System bersifat mengikat Pengguna ukmmarket dan menjamin dana pembeli tetap aman jika proses transaksi dilakukan dengan penjual yang terdaftar di ukmmarket.
  3. Pengiriman barang dalam system ukmmarket wajib menggunakan jasa perusahaan ekspedisi yang telah ditetapkan oleh ukmmarket dan merupakan rekanan dari ukmmarket.

Pasal 4
Penjual

  1. Penjualan barang dapat dilakukan setelah akun pengguna di verifikasi oleh administrator ukmmarket.co.id.
  2. Penjual wajib mengisi data bank pribadi (bank account) untuk kepentingan transaksi di ukmmarket.co.id.
  3. Penjual diwajibkan memilih menu layanan buka toko dan melakukan pengaturan terhadap barang-barang yang dijual.
  4. Batas harga maksimal satuan untuk barang yang dapat dijual adalah Rp.50.000.000 (lima puluh juta Rupiah).
  5. Penjual dianjurkan menampilkan gambar/foto barang yang akan dijual dengan memperlihatkan 3 bagian (depan, samping dan belakang) dengan resolusi minimal 500px serta deskripsi barang tersebut secara jelas.
  6. Penjual tidak diperkenankan mencantumkan watermark pada gambar/foto barang.
  7. Penjual tidak diperkenankan mencantumkan alamat (baik itu alamat toko, situs, forum, social network, PIN, kontak dan situs jual-beli lain) pada gambar/foto barang, kolom nama produk, deskripsi, spesifikasi barang dan pada kemasan pengiriman barang.
  8. Penjual tidak diperkenankan memberikan informasi alamat (baik itu alamat toko, situs, forum, social network, PIN, kontak dan situs jual-beli lain) pada fitur ‘message’ kepada Pembeli. Segala permasalahan yang terjadi apabila Penjual melanggar peraturan ini dan meneruskan transaksi jual-beli di luar ukmmarket.co.id, maka ukmmarket.co.id dibebaskan dari segala tanggung jawab
  9. Penjual dilarang menjual barang yang tercantum dalam daftar Jenis Barang Terlarang.
  10. Ukmmarket akan memberikan notifikasi pesanan barang kepada penjual, di mana penjual wajib memberikan balasan untuk menerima atau menolak pesanan tersebut dalam jangka waktu maksimal 3 (tiga) hari sejak notifikasi tersebut.
  11. Ukmmarket secara otomatis akan membatalkan pesanan tersebut jika dalam jangka waktu maksimal 3 (tiga) hari sejak notifikasi tidak ada balasan dari penjual.
  12. Setelah Penjual menyetujui untuk menerima pesanan pembeli dan transaksi telah berstatus “Dibayar”, maka Penjual wajib memasukan nomor Resi Pengiriman Barang dalam batas waktu 5 hari (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/libur Nasional) terhitung sejak adanya notifikasi pesanan Barang dari Ukmmarket.
  13. Ukmmarket secara otomatis akan membatalkan pesanan tersebut jika dalam batas waktu yang telah ditentukan, Penjual tidak memasukan nomor resi pengiriman Barang. Maka sistem ukmmarket secara otomatis akan memberikan feedback (rekomendasi) negatif dan seluruh dana dikembalikan (refund) ke saldo DompetUKM pembeli.
  14. Status pengiriman barang akan dicek secara otomatis oleh Ukmmarket melalui nomor resi yang diberikan penjual.
  15. Penjual memahami dan menyetujui bahwa pembayaran atas harga Barang dan ongkos kirim akan dikembalikan sepenuhnya ke Pembeli (diluar biaya transfer / administrasi) apabila transaksi dibatalkan dan/atau resi pengiriman barang tidak valid.
  16. Apabila Penjual hanya dapat memenuhi sebagian dari jumlah barang yang dipesan oleh Pembeli, maka Penjual wajib memberikan keterangan kepada ukmmarket sebelum menerima pesanan tersebut. Penjual dilarang melanjutkan transaksi tanpa mendapat persetujuan dari Pembeli. Namun bila Pembeli telah menyetujui transaksi berdasarkan jumlah pesanan yang disanggupi oleh Penjual, maka selisih dana total harga barang/pesanan akan dikembalikan kepada Pembeli.
  17. Penjual wajib menginformasikan atau melakukan update stok barang kepada ukmmarket.co.id.
  18. Saat hendak melakukan proses pengiriman barang kepada Pembeli, Penjual wajib mengirimkan pesanan dengan paket metode pengiriman yang sesuai dengan pilihan Pembeli. Contohnya Paket JNE (Yes, OKE, Regular) atau Paket ESL
  19. Penjual memahami dan menyetujui bahwa Pajak Penghasilan Penjual (Ppn) akan dilaporkan dan diurus sendiri oleh Penjual sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia.

Pasal 5
Pembeli

  1. Pembelian barang dapat dilakukan setelah Pengguna melakukan registrasi di ukmmarket.co.id
  2. Pembeli menyetujui informasi dan deskripsi dari barang yang ditampilkan di ukmmarket.co.id yang akan dibelinya.
  3. Pembeli wajib melakukan transfer dan konfirmasi transfer sejumlah harga barang yang telah dipesan melalui Ukmmarket Payment System dalam waktu 1 x 24 jam. Jika Pembeli tidak melakukan transfer dan konfirmasi transfer sejumlah harga barang dalam batas waktu tersebut, maka transaksi akan dibatalkan secara otomatis.
  4. Pembeli tidak berhak mengajukan klaim atas pembatalan transaksi yang tidak ditransfer dan dikonfirmasi setelah 1 x 24 jam.
  5. Pembeli yang sudah melakukan transfer sejumlah harga barang dan melakukan konfirmasi, dapat membatalkan transaksi tersebut namun wajib mengisi form alasan pembatalan secara detil dan jelas.
  6. Transaksi yang dibatalkan setelah pembeli melakukan konfirmasi pembayaran akan disampaikan secara resmi kepada lapor@ukmmarket.co.id
  7. Dalam waktu 1 x 24 jam, ukmmarket.co.id akan memindahkan dana transaksi pembeli ke DompetUKM pada akun ukmmarket.co.id milik pembeli yang terdaftar. Pengembalian dana dari keadaan tersebut dapat berlangsung selama 14 hari kerja.
  8. Transaksi tidak dapat dibatalkan bila status barang pesanan telah “Dikirim” oleh Penjual.
  9. Jika pembatalan dari pihak Penjual, maka pembayaran atas barang tersebut akan langsung dikembalikan kepada pembeli melalui Dompet UKM pada akun ukmmarket.co.id milik pembeli yang terdaftar.
  10. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan barang yang ditawarkan Penjual dapat berubah sewaktu-waktu.
  11. Apabila Penjual hanya dapat memenuhi sebagian dari jumlah barang yang dipesan oleh Pembeli, maka Penjual wajib memberikan keterangan kepada ukmmarket sebelum menerima pesanan tersebut. Penjual dilarang melanjutkan transaksi tanpa mendapat persetujuan dari Pembeli. Namun bila Pembeli telah menyetujui transaksi berdasarkan jumlah pesanan yang disanggupi oleh Penjual, maka selisih dana total harga barang/pesanan akan dikembalikan kepada Pembeli.
  12. Dana dari pihak Pembeli yang telah diterima oleh Ukmmarket akan dilanjutkan ke pihak Penjual apabila Pembeli telah melakukan konfirmasi bahwa ‘barang pesanan telah diterima’. Dengan begitu, transaksi dianggap selesai.
  13. Jika dalam waktu 2 x 24 jam Pembeli belum melakukan konfirmasi ‘barang pesanan telah diterima’ namun sistem tracking jasa pengiriman telah menyatakan barang pesanan sudah sampai kepada Pembeli, maka dalam 1 x 24 jam selanjutnya, ukmmarket akan melanjutkan pembayaran ke pihak penjual tanpa harus menunggu konfirmasi dari Pembeli.
  14. Pembeli wajib melakukan konfirmasi ‘barang pesanan telah diterima’ selambatnya dalam 2 x 24 jam. Di luar batasan waktu tersebut, maka permasalahan dan klaim dari pihak Pembeli terkait proses pengiriman dan kualitas Barang tidak akan diterima.
  15. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pembeli pergunakan dengan bank Rekening Resmi Ukmmarket adalah tanggung jawab Pembeli secara pribadi.

Pasal 6
Dompet UKM

  1. Fitur DompetUKM bertujuan untuk memudahkan proses transaksi dan mengamankan sejumlah dana milik pengguna terdaftar di situs ukmmarket.co.id.
  2. Saldo DompetUKM berasal dari sejumlah dana yang ditabung/di deposit-kan oleh pengguna terdaftar di situs ukmmarket.co.id.
  3. Saldo DompetUKM juga berasal dari beberapa hal yang dapat terjadi saat bertansaksi, seperti:
    1. Pembeli yang sudah melakukan pembayaran namun Penjual tiba-tiba tidak menyanggupi pesanan. Bila ini terjadi Pembeli bisa memilih untuk meminta uang dikembalikan atau dengan disimpan di "DompetUKM".
    2. Pembeli tidak puas dengan kualitas produk yang telah diterima (produk pecah atau rusak). Bila ini terjadi Pembeli bisa memilih mengembalikan produk dan meminta uang dikembalikan dengan menyimpan uangnya di “DompetUKM“.
    3. Pembeli sudah melakukan transfer pembelian, namun membatalkan transaksinya (dengan ketentuan pesanan belum berstatus “Dikirim” oleh Penjual). Bila ini terjadi, maka dana transaksi akan langsung dipindahkan ke “DompetUKM” Pembeli oleh administrator ukmmarket.co.id.
    4. Apabila Penjual hanya dapat memenuhi sebagian dari jumlah barang yang dipesan oleh Pembeli, maka Penjual wajib memberikan keterangan kepada ukmmarket sebelum menerima pesanan tersebut. Penjual dilarang melanjutkan transaksi tanpa mendapat persetujuan dari Pembeli. Namun bila Pembeli telah menyetujui transaksi berdasarkan jumlah pesanan yang disanggupi oleh Penjual, maka selisih dana total harga barang/pesanan akan dikembalikan ke “DompetUKM” Pembeli.
  4. Untuk melakukan pembayaran melalui "DompetUKM", Pembeli harus memasukkan password akun ukmmarket.co.id miliknya.

Pasal 7
Pengembalian Dana & Barang (Retur)

  1. Pengembalian Dana kepada Pembeli bisa dilakukan dalam beberapa keadaan tertentu, antara lain:
    1. Kelebihan Pembayaran saat transaksi
    2. Penjual tidak menyanggupi pesanan akibat stok barang tidak sesuai jumlah pesanan Pembeli.
    3. Penjual tidak mengirim barang pesanan Pembeli setelah batas waktu yang telah ditentukan.
    4. Ketidaksesuaian pesanan akibat kerusakan atau kesalahan informasi
  2. Setelah proses Pengembalian Dana dilakukan, maka saldo DompetUKM milik pengguna akan bertambah sesuai dengan jumlah pengembalian dana.
  3. Pengembalian barang (retur) hanya diperbolehkan jika kesalahan dilakukan oleh Penjual atau barang tidak sesuai dengan keterangan yang ditampilkan oleh Penjual di ukmmarket.co.id.
  4. Ukmmarket akan menahan dana hingga ada kesepakatan antara Pembeli dengan Penjual apakah akan dilakukan Pengembalian Barang (retur).
  5. Pengembalian Barang (retur) oleh Pembeli harus dikirimkan ke ukmmarket beserta informasi nomor resi pengiriman.
  6. Jika Penjual dalam waktu 5 x 24 jam tidak menindaklanjuti pesan permintaan Pengembalian Barang (retur) dari Pembeli, maka Ukmmarket akan mengembalikan dana pembayaran atas barang tersebut.
  7. Pengembalian Barang (retur) tidak dapat dilakukan setelah transaksi selesai menurut sistem ukmmarket atau dikonfirmasi transaksi selesai oleh Pembeli.

Pasal 8
Daftar Barang Terlarang

Daftar barang-barang yang terlarang untuk dijual di ukmmarket, sebagai berikut:

  1. Barang bekas;
  2. Narkotika atau obat-obat yang tidak terdaftar atau terlarang;
  3. Dokumen pemerintahan dan perjalanan;
  4. Bagian atau organ manusia;
  5. Barang-barang dengan konten/bentuk/desain yang melecehkan pihak/ras tertentu atau dapat menyinggung perasaan orang lain;
  6. Barang yang berhubungan dengan atribut kepolisian dan angkatan bersenjata indonesia lainnya;
  7. Barang curian;
  8. Barang klenik (mistis) / supranatural;
  9. Barang cetakan / rekaman yang isinya dapat mengganggu keamanan & ketertiban serta stabilitas nasional;
  10. Barang bajakan, antara lain: e-book, dvd, vcd, buku, kaset, perangkat lunak;
  11. Segala jenis makhluk hewan hidup (fauna)
  12. Jasa;
  13. Properti (Rumah dan Tanah);
  14. Pulsa elektrik;
  15. Uang tunai;
  16. Perlengkapan dan peralatan judi;
  17. Aksesori atau peralatan penunjang tindakan perampokan/pencurian;
  18. Senjata yang dapat digunakan untuk melindungi diri (self protection), seperti: pepper spray, electric gun, senjata tajam yang dipergunakan untuk keperluan aktifitas luar ruang (outdoor gear), seperti: pisau lipat, pisau satu mata, panah, air soft gun;
  19. Senjata tajam yang juga merupakan hasil budaya Indonesia, seperti: rencong, badik, mandau, keris, dll; (HARUS MEMILIKI SURAT DARI PIHAK BERWENANG)
  20. Barang yang belum tersedia (pre order);
  21. Barang dengan hak Distribusi Eksklusif yang hanya dapat diperdagangkan dengan sistem penjualan lansung oleh penjual resmi dan/atau Barang dengan sistem penjualan Multi Level Marketing;
  22. Pestisida & bahan kimia yang berbahaya;
  23. Barang dewasa penunjang kegiatan seksual seperti obat kuat, obat perangsang, pornografi, kecuali untuk alat kesehatan (kontrasepsi) yang diizinkan untuk diperjual belikan oleh peraturan hukum yang berlaku dan alat bantu seks (sex toys);
  24. Segala jenis kosmetik, obat-obatan, makanan, dan minuman yang membahayakan kesehatan dan keselamatan penggunanya, serta tanpa izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM);
  25. Gadget (ponsel, tablet, phablet, smartwatch, dan sejenisnya) replika atau berasal dari pasar gelap (black market);
  26. Segala jenis Barang lain yang bertentangan dengan peraturan pengiriman Barang Indonesia;
  27. Barang-barang yang mengandung unsur SARA;
  28. Barang-barang lain yang dilarang untuk diperjualbelikan secara bebas berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia.

Pasal 9
Sanksi

  1. Ukmmarket berhak memberikan feedback (rekomendasi) negatif dan/atau menonaktifkan akun pengguna dan/atau melaporkan ke pihak berwenang bagi pengguna yang melanggar syarat & ketentuan ukmmarket dan/atau menjual barang yang tercantum dalam daftar barang terlarang.
  2. Ukmmarket memiliki kewenangan untuk melakukan pembekuan saldo DompetUKM pengguna apabila diduga adanya tindak kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran syarat & ketentuan ukmmarket.
  3. Ukmmarket berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Ukmmarket adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
  4. Ukmmarket memiliki kewenangan untuk menahan penyerahan dana kepada Penjual di Ukmmarket Payment System apabila terdapat permasalahan dan klaim dari pihak Pembeli terkait proses pengiriman dan kualitas Barang. Penahanan dana dapat berlangsung sampai waktu yang tidak ditentukan. Pembayaran baru akan diserahkan kepada Penjual apabila permasalahan tersebut telah selesai dan/atau Barang telah diterima oleh Pembeli.

Pasal 10
Pembatasan Tanggung Jawab

  1. Ukmmarket berupaya untuk menjaga kenyamanan, keamanan dan layanan berfungsi dengan baik, akan tetapi ukmmarket tidak menjamin operasi terus menerus atau akses ke layanan ukmmarket dapat selalu sempurna.
  2. Pengguna menyetujui layanan ukmmarket diberikan kepada pengguna dengan “sebagaimana adanya” dan “sebagaimana tersedia”.
  3. Ukmmarket tidak bertanggung jawab atas kualitas barang, proses pengiriman dan/atau segala bentuk perselisihan yang dapat terjadi antar pengguna, mengingat hal tersebut bukan merupakan domain ukmmarket.
  4. Ukmmarket tidak bertanggungjawab terhadap segala transaksi yang dilakukan selain melalui Ukmmarket Payment System dan/atau tanpa sepengetahuan ukmmarket.
  5. Pengguna melepaskan haknya untuk menuntut ukmmarket terhadap segala kerusakan atau kerugian yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari:
    1. Pengguna atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Layanan Ukmmarket.
    2. Harga, Pengiriman atau petunjuk lain yang tersedia dalam layanan Ukmmarket.
    3. Keterlambatan atau gangguan dalam Layanan Ukmmarket.
    4. Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna.
    5. Kualitas Barang.
    6. Pengiriman Barang.
    7. Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual.
    8. Perselisihan antar pengguna.
    9. Pencemaran nama baik pihak lain.
    10. Setiap penyalahgunaan Barang yang sudah dibeli pihak Pengguna.
    11. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke Rekening Resmi Ukmmarket, yang dengan cara apa pun mengatas-namakan Ukmmarket ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank.
    12. Pengiriman untuk perbaikan Barang yang bergaransi resmi dari pihak produsen. Pembeli dapat membawa Barang langsung kepada pusat layanan servis terdekat dengan kartu garansi dan faktur pembelian.
    13. Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke layanan Ukmmarket.
    14. Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Layanan Ukmmarket.
    15. Kerusakan pada perangkat keras Anda dari penggunaan setiap Layanan Ukmmarket.
    16. Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Produk yang ada dalam situs Ukmmarket yang diduga palsu.
    17. Tindakan tegas yang yang dilakukan sehubungan dengan akun Pengguna.
    18. Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun pengguna.
    19. Risiko dan kerugian yang timbul dari dan dalam kaitannya dengan informasi yang dituliskan oleh pengguna Ukmmarket.
    20. Resiko dan kerugian yang timbul berkenaan dengan penggunaan barang yang dibeli melalui Ukmmarket, dalam hal terjadi pelanggaran ketentuan perundang-undangan.
  6. Pengguna menyetujui bahwa sengketa yang mungkin timbul sehubungan dengan syarat dan ketentuan ini akan diselesaikan secara musyawarah, jika tidak dapat diselesaikan secara musyawarah maka pengguna sepakat menyelesaikan menurut hukum Republik Indonesia.
  7. Apabila ketentuan di dalam butir 6 di atas tidak dapat terpenuhi, Pengguna setuju dan sepakat untuk memilih Kantor Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sebagai kedudukan hukum tetap dan umum.

Pasal 11
Keadaan Kahar (Force Majeur)

Ukmmarket dilepaskan dari tanggung jawab atas keterlambatan dan/atau kegagalan memenuhi kewajibannya yang disebabkan oleh kejadian memaksa di luar kendali para pihak, seperti bencana alam, kebakaran, gempa bumi, banjir, epidemik, perang, huru-hara, pemogokan, pemberlakuan atau perubahan peraturan perundang-undangan, pembatasan oleh pemerintah.