faq pembelian banner

FAQ | Pembelian / Buyer


  • Pembeli dapat mencari barangnya di kolom pencari ukmmarket dengan memasukkan nama barang yang diinginkan. Dan jika pembeli ingin melihat beberapa produk yang dimiliki oleh ukmmarket dapat klik tombol “Katagori” atau ingin produk produk ukm Indonesia dapat mengklik tombol “ Galeri Nusantara”.
  • Untuk dapat berbelanja di ukmmarket. Adapun Caranya sebagai berikut:

    1.  Silahkan buka website kami UKMMARKET.CO.ID
    2. Silahkan klik tombol “REGISTER” pada pojok kanan layar Anda.
    3. Silahkan lengkapi data yang diminta bila sudah
    4. Tunggu beberapa saat dan mohon cek email yang Anda daftarkan di ukmmarket.co.id untuk di konfirmasi akun
    5. Silahkan “Log in”
    6. Kemudian klik logo ukmmarket yang ada di pojok atas kiri layar Anda

    7. Untuk dapat mencari produk yang Anda inginkan bisa klik dan ketik pada kolom pencarian yang ada di atas layar kiri Anda atau bisa klik “Kategori” apabila Anda ingin mencari lebih banyak pilihan 
  • Pembeli dapat memesan lebih dari satu barang dari toko yang sama melalui keranjang belanja. Pembeli hanya perlu menekan tombol "Tambah ke keranjang belanja" pada toko, dan secara otomatis barang pesanan akan ditambahkan ke keranjang belanja.
    • Mandiri Clickpay

    Mandiri Clickpay adalah fitur pembayarandari Bank Mandiri Debit. Pengguna Ukmmarket sekaligus nasabah BankMandiri (rekening maupun kartu kredit) bisa menggunakan fasilitas iniuntuk melakukan pembayaran dengan memasukkkan 16 digit kode validasidari token Bank Mandiri milik Anda.



    Bagaimana caramenggunakan Mandiri Clickpay?

    Nasabah yang telah terdaftar padalayanan mandiri internetdapat melakukan transaksi pembayaran/pembelian online diukmmarket.co.id



    Bagaimana cara Aktivasi Mandiri Clickpay?

                            Login ke halaman www.bankmandiri.co.id dan lakukan

                            aktivasi token mandiri Internet



    Transaksi dengan menggunakan Mandiri             Clickpay? 

    Pilih produk yang akan Anda beli Pilih cara pembayaran             Mandiri clickpay " disitus Mitra Lakukan otorisasi             transaksi (menggunakantoken)



    Apakah ada biayayang dikenakan kepada Pembeli?

    Pembayaran denganmenggunakan Mandiri ClickPay tidak dikenakan biaya apapun. GRATIS!(pastikan anda memiliki pulsa untuk kode OTP)



    • BCA KlikPay

    BCA KlikPay adalahmetode pembayaran belanja online yang praktis dan terpercaya.Fasilitas BCA KlikPay memang diperuntukkan bagi Anda yang gemarberbelanja online karena selain praktis (langsung terhubung denganKlikBCA / BCA Card Anda), metode pembayaran ini juga sangat amankarena menggunakan kode verifikasi khusus setiap melakukan transaksiyang dikirimkan melalui sms ke handphone pribadi Anda.



    Bagaimana caramenggunakan BCA KlikPay?


    • Daftarkan diri anda terlebih dahulu pada link berikut: http://www.klikbca.com/KlikPay

    • Pilih Menu ‘Registrasi’

    • Baca Syarat & Ketentuan

    • Lengkapi data registrasi (pastikan data diri yang anda isi adalah benar)

    • Pilih jenis pembayaran/sumber dana pembayaran dengan KlikBCA

    • Daftarkan User ID KlikBCA

    • Anda akan menerima 2 kode aktivasi yang dikirimkan melalui alamat e-mail dan sms ke nomor handphone yang Anda isi di halaman kelengkapan data registrasi.


    Bagaimana caraAktivasi BCA KlikPay?


    • Buka halaman web Klik BCA: http://www.klikbca.com

    • Login di Internet Banking Individual

    • Pilih Menu Administrasi di kiri bawah

    • Pilih Menu Aktivasi BCA KlikPay

    • Masukkan kode aktivasi yang dikirimkan melalui e-mail dan sms, nomor rekening debit, dan respon KeyBCA

    • Anda akan menerima konfirmasi aktivasi



    Keuntunganmenggunakan BCA KlikPay untuk Pembeli


    • Keuntungan utama dari metode pembayaran BCA KlikPay adalah proses verifikasi yang instan (langsung), sehingga Anda sebagai pembeli di ukmmarket tidak perlu menunggu proses verifikasi lagi dari pihak ukmmarket (seperti menggunakan pembayaran transfer bank).

    • Anda bisa melakukan pembayaran dan berbelanja dimana saja tanpa harus repot-repot keluar rumah.

    • Kami memberi jaminan keamanan dalam bertransaksi dengan menggunakan BCA KlikPay dengan keamanan yang berlapis sehingga mengurangi rasa cemas Anda.



    Keuntunganmenggunakan BCA KlikPay untuk Penjual


    Keuntunganutama bagi Anda yang berjualan di ukmmarket adalah mendapatkaninfo orderan yang lebih cepat karenaproses verifikasi yang instan. Selainitu, Anda selaku penjual di ukmmarket secara otomatis mendukungmetode pembayaran BCA KlikPay, maka Anda juga sangat berpengaruhterhadap perluasan pasar ke semua pengguna BCA KlikPay di Indonesia.



    Cara pembayaranmenggunakan BCA KlikPay

    Setelah Anda memilih barang/jasa, pilih BCAKlikPay sebagai metode pembayaran, dan Anda akan langsung dibawa kelayar login BCA KlikPay. Pastikan alamat domain yang tertulis diaddress bar browser adalahhttps://klikpay.klikbca.com

    Setelah Anda memasukkan user ID danpassword maka akan tampil informasi data transaksi seperti namamerchant, waktu transaksi dan jumlah yang harus dibayar. Pilihlahjenis pembayaran KlikBCA atau BCA Card untuk transaksi tersebut.

    Untuk otorisasi pembayaran dengan BCAKlikPay, tekan tombol 'kirim OTP', dan Anda akan menerima kode OTP(One Time Password)yang dikirim melalui SMS ke handphone Anda. Masukkan kode OTPtersebut pada kolom yang tersedia.

    Apabila kode OTP yang Anda masukkan benar,transaksi pembayaran akan langsung diproses dan saldo rekening Anda(untuk jenis pembayaran KlikBCA) atau limit BCA Card Anda (untukjenis pembayaran BCA Card) akan berkurang sejumlah nilai transaksi.

    Status keberhasilan transaksi Anda akantampil pada layar transaksi dan Anda akan menerima email notifikasi.





    • T-Cash

    TCASHadalah layanan uang elektronik dari Telkomsel. TCASH berbeda denganpulsa. Dimanaanda bisa menyimpan uang dan menggunakannya untuk semua transaksitermasuk belanja online. Saldo maksimum dalam t-cash sebesar Rp.5.000.000.



    • E-pay BRI



    e-PayBRI adalahsalah satu sarana pembayaran belanja online yang praktis dan amandari Bank BRI. Dengan menggunakan e-Pay BRI di setiap aktivitasbelanja di merchant online, pengguna e-Pay BRI tidak perlu lagi repotmengingat kode booking transaksinya, atau harus ke ATM transfer sertamengirimkan konfirmasi bahwa pembayaran telah dilakukan. e-Pay BRItelah memberikan kemudahan bagi para nasabah BRI yang menggunakanakses internet untuk melakukan belanja online.



    • Cara daftar e-Pay BRI


    Jikapunya rekening BRI

      1. Lakukan registrasi non-finansial melalui ATM untuk mendapatkan User ID Internet Banking BRI

      2. Lakukan registrasi finansial di cabang BRI terdekat untuk mendaftarkan mTOKEN

      3. Jika sudah mendapatkan User ID Internet Banking BRI dan mTOKEN, e-Pay BRI anda otomatis aktif dan bisa digunakan

     

     Jika TIDAK punya rekening BRI, aktifkan T-Bank dengan cara:

      1. Akses *212#

      2. Tekan angka 1 untuk daftar

      3. Masukkan nama lengkap, nomor identitas dan tanggal lahir

      4. BRI akan mengirimkan PIN ke nomor handphone anda

      5. Anda bisa mengganti PIN dengan mengakses kembali *212#

      6. Isi saldo T-Bank agar anda bisa bertransaksi

    Carabayar dengan e-Pay BRI

    Untukmembayar dengan e-Pay BRI:

    1. Masukkan produk ke Keranjang Belanja

    2. Pilih metode pembayaran e-Pay BRI

    3. Klik Checkout

    4. Klik Bayar

    5. Anda akan terhubung halaman e-Pay BRI

    6. Pilih Internet Banking, lalu masukkan user ID dan password Internet Banking Anda

    7. Masukkan password dan paycode, lalu klik SubmitPaycode adalah kode pengamanan yang akan dikirim ke nomor handphone anda yang sudah terdaftar sebagai mTOKEN 

    Untukpembayaran dengan T-Bank, pilih T-Bank di halaman e-Pay BRI dan ikutilangkah selanjutnya.


    KENDALAPEMBAYARAN DENGAN e-Pay BRI

    Transaksigagal, saldo terpotong


    Saldoyang terpotong nantinya akan dikembalikan ke Saldo dompet ukm dalamwaktu maksimal 1x24jam

     

    Transaksidibatalkan


    Transaksidengan e-Pay BRI bisa dibatalkan jika:

    1. Penjual menolak pesanan

    2. Penjual tidak merespon pesanan setelah 3 hari pembayaran diverifikasi

    3. Penjual tidak memasukkan nomor resi setelah 5 hari pembayaran diverifikasi

    Jikatransaksi batal, dana akan dikembalikan ke Saldo Dompet.

     

    Paycode tidakditerima



    Paycode dikirimoleh sistem Bank BRI. Pastikan pulsa handphone andamencukupi,karena pengiriman Paycode daripihak bank dikenakan biaya pulsa. Jika pulsa mencukupinamun Paycode tetaptidak masuk, silakan coba kembali atau hubungi CallCentre BRI di 14017.





    • XL Tunai



    XL Tunaiadalah suatu layanan Uang Elektronik dari XL yang memungkinkanpelanggan XL melakukan transaksi keuangan hanya dengan menggunakanponsel salah satunya belanja online, Anda Bebas Bertransaksi denganMudah tanpa Menggunakan Uang Tunai. Manfaatkan PengalamanBertransaksi jadi lebih mudah dan aman dengan menggunakan XL Tunai.Saldo maksimum dalam t-cash sebesar Rp. 5.000.000.



    • Transfer



    Pembeli dapat melakukan pembayaran melaluiTransfer Bank ke salah satu rekening di bawah ini :

    - BRI: 0339.01.001592.30.6

    - MANDIRI: 070.000.6983485

    - CIMB NIAGA: 3380.100-141.008

    - BCA: 1280.19.5151

    - PERMATA: 701.214.323

    Kelima rekening tersebut atas nama PTMADANI SISFOTEL

    Untuk mempercepat verifikasi, jumlah danayang ditransfer harus sesuai dengan yang tertera di halaman terakhirtransaksi. Setelah melakukan transfer, pembeli diharapkan untukmelakukan konfirmasi pembayaran melalui tombol 'KonfirmasiPembayaran' di halaman Buyer pada Sejarah pembelian. 

  • Pembeli yang sudah melakukan transfer sejumlah harga barang dan melakukan konfirmasi, dapat membatalkan transaksi tersebut namun wajib mengisi form alasan pembatalan secara detil dan jelas. Transaksi yang dibatalkan setelah pembeli melakukan konfirmasi pembayaran akan disampaikan secara resmi kepada info@ukmmarket.co.id. Namun transaksi tidak dapat dibatalkan bila status barang pesanan telah “Dikirim” oleh Penjual.
  • Pembeli dapat meminta nomor resi pengiriman kepada customer service ukmmarket yang telah diberikan oleh penjual kepada customer service ukmmarket setelah barang dikirim oleh penjual. Dan apabila nomor resi benar, tapi barang tak kunjung diterima, segera hubungi pihak kurir perihal status pengiriman terkini.
    1. Penundaan Pengiriman oleh pihak Penjual : Pesanan dijadwalkan pengirimannya sesuai dengan informasi dari Penjual dan hal ini akan diinfokan melalui email notifikasi ke pihak Pembeli

    2. Apabila melebihi dari batas waktu yang ditentukan maka Pembeli bisa menghubungi Contact Customer Service Ukmmarket melalui email: info@ukmmarket.com atauu 021-7940489

    3. Keterlambatan pengiriman akan di investigasi terlebih dahulu penyebabnya, contact customer Service untuk support lebih lanjut.

  • Pengembalian barang (retur) hanya diperbolehkan jika kesalahan dilakukan oleh Penjual atau barang tidak sesuai dengan keterangan yang ditampilkan oleh Penjual di ukmmarket.co.id. dan Pengembalian Barang (retur) oleh Pembeli harus dikirimkan ke ukmmarket terlebih dahulu beserta informasi nomor resi pengiriman. Adapun langkah – langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :



    1. Mohon untuk log in terlebih dahulu di ukmmarket.co.id

    2. Klik sejarah pembelian lalu klik “Konfirmasi barang telah sampai”

    3. Chat dengan customer service Kami pada website Kami atau kirimkan

      e –mail di alamat e-mail info@ukmmarket.co.iddengan perihal “Retur Barang”


    Pengajuan retur tidak akan diproses jikatidak mengikuti langkah-langkah di atas.
  • Pengembalian Dana kepada Pembeli bisa dilakukan dalam beberapa keadaan tertentu, antara lain:
    1. Kelebihan Pembayaran saat transaksi

    2. Penjual tidak menyanggupi pesanan akibat stok barang tidak sesuai jumlah pesanan Pembeli.

    3. Penjual tidak mengirim barang pesanan Pembeli setelah batas waktu yang telah ditentukan.

    4. Ketidaksesuaian pesanan akibat kerusakan atau kesalahan informasi


    Adapun langkah – langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :


    1. Mohon untuk log in terlebih dahulu di ukmmarket.co.id

    2. Klik sejarah pembelian lalu klik “Konfirmasi barang telah sampai”

    3. Chat dengan customer service Kami pada website Kami atau kirimkan

    e –mail di alamat e-mail info@ukmmarket.co.id dengan perihal “refund” dengan menyertakan nomor handphone yang terhubung pada aplikasi whatsapp dan nomor rekening serta nama banknya .
  • Sahabat UKM bisa menambahkan saldo yang dimiliki ke dalam DompetUKM miliknya. ukmmarket menyediakan fasilitas tambah saldo (Top Up) di DompetUKM melalui Tambah Saldo menggunakan Voucher* atau Tambah Saldo menggunakan transfer ke salah satu rekening Bank berikut ini:

    -BRI: 0339.01.001592.30.6

    -MANDIRI: 070.000.6983485
    -CIMB NIAGA: 3380.100-141.008
    -BCA: 1280.19.5151
    -PERMATA: 701.214.323

    Kelima rekening tersebut atas nama PT MADANI SISFOTEL